Jumat, 29 Maret 2013

TRANSAKSI MUTASI AKTIVA TETAP

Apa saja sih transaksi yang mempengaruhi nilai aktiva tetap yang tercatat dalam neraca perusahaan?
Secara umum transaksi-transaksi yang mempengaruhi mutasi aktiva tetap terbagi menjadi 4 (empat), yakni:
1.     Transaksi Perolehan Aktiva Tetap
2.     Transaksi Penyusutan Aktiva Tetap
3.     Transaksi dalam Penggunaan Aktiva Tetap
4.     Transaksi Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap
Apa saja sih yang termasuk dalam transaksi perolehan aktiva tetap?
Transaksi perolehan aktiva tetap umumnya akan mempengaruhi nilai akun aktiva tetap. Ada beberapa cara untuk memperoleh aktiva tetap, antara lain:
a.     Pembelian secara tunai
Adanya transaksi pembelian secara tunai, akan menambah nilai aktiva tetap tersebut di sebelah debet sebesar harga perolehannya.
b.     Pembelian secara kredit
Adanya transaksi pembelian secara kredit, akan menambah nilai aktiva tetap tersebut di sebelah debet sebesar harga tunainya.
c.     Aktiva tetap yang dibangun sendiri
Ketika suatu perusahaan memutuskan untuk membangun sendiri aktiva tetapnya, maka akun aktiva tetap akan dicatat sebesar jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan selama proses pembangunan aktiva tetap itu berlangsung.
d.     Pertukaran dengan aktiva non moneter
Aktiva tetap yang diperoleh dari pertukaran dengan aktiva non moneter, secara umum dicatat sebesar harga pasar aktiva tetap yang diterima. Selisih antara harga pasar yang diterima dengan harga buku aktiva yang diserahkan, dicatat sebagai rugi atau laba pertukaran. Harga buku adalah harga menurut catatan atau harga perolehan setelah dikurangi dengan jumlah penyusutan (akumulasi penyusutan).
e.     Diperoleh dari sumbangan
Aktiva tetap yang diperoleh melalui sumbangan/hadiah/donasi, diakui sebesar taksiran nilai pasar aktiva tetap, disertai dengan mengkredit akun modal.

Transaksi penyusutan aktiva tetap itu apa sih?
Transaksi penyusutan aktiva tetap umumnya akan mempengaruhi nilai akun akumulasi penyusutan aktiva tetap. Secara periodik, harga pokok aktiva tetap dialokasikan ke dalam periode akuntansi yang menikmati jasa yang dihasilkan oleh aktiva tetap. Alokasi ini dikenal dengan istilah depresiasi (penyusutan) aktiva tetap.
Apa saja sih yang termasuk dalam transaksi terkait penggunaan aktiva?
Transaksi dalam penggunaan aktiva tetap umumnya akan mempengaruhi nilai akun biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap. Bentuk-bentuk pengeluaran dalam penggunaan aktiva tetap, dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pengeluaran modal dan pengeluaran pendapatan.
Pengeluaran modal itu apa sih?
Pengeluaran modal (capital expenditure) adalah pengeluaran yang manfaatnya dapat dinikmati dalam waktu lebih dari satu periode akuntansi. Pengeluaran tersebut merupakan biaya yang harus menjadi beban periode-periode selama umur manfaatnya.
Syarat-syarat suatu pengeluaran termasuk pengeluaran modal:
·         Pengeluaran yang dilakukan mengakibatkan penambahan terhadap manfaat dari aktiva tetap yang bersangkutan, seperti penambahan usia penggunaan, peningkatan kapasitas atau mutu produksi
·   Pengeluaran yang dilakukan menurut pertimbangan perusahaan jumlahnya cukup material (banyak)
Apa saja sih transaksi yang termasuk pengeluaran modal?
Transaksi yang termasuk pengeluaran modal adalah: 
  1. Penggantian (Replacement) adalah pengeluaran untuk mengganti sebagian (komponen) dari aktiva tetap yang rusak berat. Penggantian sebagian atau seluruh dari komponen aktiva tetap, akan mengakibatkan penambahan terhadap usia penggunaan aktiva tetap yang bersangkutan. Selain itu jumlah pengeluaran biasanya cukup berarti.
  2. Perbaikan (Betterment) adalah pengeluaran yang bertujuan untuk meningkatkan aktiva tetap dari kondisi semula, menjadi kondisi yang lebih baik. Dengan demikian perbaikan yang dilakukan bukan karena aktiva tetap dalam keadaan rusak, tetapi pengeluaran ini dirancang untuk meingkaktan kapasitas, atau memperpanjang usia penggunaan aktiva yang bersangkutan.
  3. Penambahan (Addition) adalah pengeluaran yang bertujuan untuk perluasan dan peningkatan fasilitas yang sudah ada, misalnya untuk menambah bangunan dari suatu pabrik, perluasan tempat parkir dan lain sebagainya.
Pengeluaran  pendapatan itu apa sih?
Pengeluaran pendapatan (revenue expenditure) adalah pengeluaran yang manfaatnya dapat dinikmati hanya dalam periode terjadinya. Pengeluaran ini dihubungakan dengan pendapatan yang diperoleh pada periode yang sama sehingga merupakan biaya yang menjadi beban periode saat terjadinya.
Apa saja sih yang termasuk dalam transaksi pengeluaran pendapatan?
Pengeluaran yang termasuk pengeluaran pendapatan adalah:
  1. Reparasi (Repair) adalah pengeluaran yang bertujuan untuk mengembalikan aktiva tetap pada kondisi semula, misalnya pengeluaran untuk mengganti bagian-bagian yang rusak yang sifatnya baisa. Manfaat pengeluaran ini hanya untuk kelangsungan jalannya operasi. Pengeluaran ini dicatat sebagai ”Beban Operasi”.
  2. Pemeliharaan (Maintenance) adalah pengeluaran yang bertujuan untuk mempertahankan aktiva tetap pada kondisi yang tetap baik. Pengeluaran ini tidak mengakibatkan penambahan terhadap manfaat aktiva yang bersangkutan dan dicatat sebagai ”Beban Pemeliharaan”.
Transaksi penghentian pemakaian aktiva tetap itu apa sih?
Penghentian aktiva tetap adalah memberhentikan aktiva tetap dari pemakaiannya, sehingga tidak digunakan lagi dalam kegiatan operasi perusahaan. Alasan penghentian aktiva tetap, antara lain karena penjualan, karena kerusakan, ditukar dengan aktiva lain, dan karena habis masa penggunaannya. Transaksi penghentian pemakaian aktiva akan mempengaruhi nilai akun aktiva tetap dan akumulasi penyusutan aktiva tetap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar