Jumat, 29 Maret 2013

PRINSIP PENILAIAN AKTIVA TETAP

Harga perolehan aktiva tetap itu apa sih?
         Untuk dapat mengisi kartu induk aktiva tetap, perusahaan harus dapat mengetahui terlebih dahulu harga perolehan aktiva tetapnya. Harga perolehan (adcost), adalah semua pengeluaran yang dilakukan untuk memperoleh aktiva tetap sampai aktiva tersebut siap untuk digunakan. Harga perolehan ini juga disebut dengan biaya historis (historical cost).

Apa saja sih yang termasuk dalam harga perolehan suatu aktiva tetap?
Harga perolehan aktiva tetap ditetapkan sebagai berikut:
  1. Aktiva tetap yang diperoleh dalam bentuk siap pakai, harga perolehan ditetapkan atas dasar harga beli ditambah dengan biaya yang terjadi sehubungan dengan usaha menempatkan aktiva tetap yang bersangkutan pada kondisi dan tempat yang siap untuk dipergunakan, seperti, bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPN), biaya pengangkutan, biaya pemasangan, biaya percobaan dan lain sebagainya.
  2. Aktiva tetap yang dibangun sendiri, harga perolehan ditetapkan atas dasar biaya-biaya yang terjadi sehubungan dengan pembangunan aktiva tetap yang bersangkutan, hingga siap dipergunakan. Dengan demikian meliputi biaya bahan langsung, biaya tenaga kerja dan biaya-biaya tak langsung (overhead cost).
  3. Aktiva tetap yang diperoleh melalui pertukaran non moneter, harga perolehan ditetapkan atas dasar harga pasar aktiva yang diserahkan atau harga pasar aktiva yang diterima, tergantung harga mana yang dianggap lebih wajar.
  4. Aktiva tetap yang diperoleh dari sumbangan, harga perolehan ditetapkan atas dasar harga pasar aktiva yang diterima atau harga taksiran yang wajar.
  5. Aktiva tetap yang diperoleh secara gabungan, harga perolehan masing-masing aktiva ditentukan atas dasar alokasi harga perolehan gabungan dengan perbandingan yang wajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar